Obat batuk tradisional,cara ampuh menyembuhkan batuk secara alami.
Di saat terjadi perubahan cuaca ataupun saat cuaca tidak menentu atau saat peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, selalu diwarnai oleh timbulnya penyakit. Salah satunya yang paling sering adalah batuk.

Ada Obat batuk tradisional yang tersedia di sekitar kita diantaranya adalah:

Madu dan Lemon
Campuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Anda dapat mencampur 1 sendok teh madu, 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali sampai batuk benar-benar pergi.

Teh Jahe
Di Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari.

Kunyit, madu dan susu
Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

Madu dan Lada Putih
Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.

Daun Kemangi
Buat ramuan dengan menggunakan kemangi. Daun beraroma khas itu dapat mengatasi beberapa penyakit, termasuk batuk. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk lekas hilang.

Batuk Berdahak

Dalam batuk ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian Anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Penyembuhkan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar Anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya. Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional.

Sebelum menjelaskan mengenai bahan-bahan alami apa saja yang sangat mujarab untuk mengobati batuk berdahak, ada beberapa tips yang mesti dilakukan ketika Anda sedang mengalami batuk berdahak antara lain sebagai berikut:

- Menjauhi tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin. Kedua hal tersebut dikenal sebagai penyebab batuk.
- Jaga tubuh Anda supaya tetap hangat, bisa dengan mengunakan selimut atau jaket.
- Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat.
- Menghentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah sakit batuk berdahak Anda seperti merokok atau minum alkohol.
- Mengalokasikan waktu untuk beristirahat secara teratur dan jangan terlalu berlebihan menggunakan tenaga untuk bekerja.
- Memperbanyak minum air putih kurang lebih antara 7-8 gelas per harinya. Minum air putih bisa membantu mengencerkan dahak.

Dan berikut merupakan bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak Anda.

Jahe
Sebagaimana diketahui bahwa jahe mengandung zat antibakteri yang baik. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris jahe dan kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.

Jeruk Nipis
Sudah banyak orang yang merasakan bahwa jeruk nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Kalau Anda tidak suka kecap, bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu. Minumlah air perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Daun Sirih
Daun sirih juga bisa dijadikan obat untuk batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun sirih secukupnya dan campurkan juga potongan jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.
Itulah beberapa bahan-bahan alami yang ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak. Banyak keuntungan menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Bahan-bahan alami terbebas dari efek samping apapun sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top