Makanan sangat mempengaruhi kualitas sperma pria. Jadi jika Anda berencana menjalankan program kehamilan agar segera memiliki momongan, cobalah jaga asupan makanan suami agar kualitas spermanya menjadi semakin baik.

Tambahkan beberapa jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan jumlah sperma sehingga membantu meningkatkan kemungkinan pembuahan.

Berikut ini saya tuliskan Daftar Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma:

Mangga dan almond
Mangga dan almond yang kaya akan antioksidan, beta-karoten dan vitamin E yang dapat membantu pria untuk memproduksi lebih banyak sperma. Kombinasi dari ketiganya juga dapat melindungi sperma dari kerusakan.

Sebuah penelitian juga menunjukan jika mengonsumsi buah dan sayur berwarna oranye seperti, wortel, dan labu dapat meningkatkan kualitas sperma.

Walnut
Walnut kaya akan arginin, yakni asam amino yang meningkatkan produksi sperma dan aliran darah. Peningkatan aliran darah untuk membuat ereksi lebih kuat, yang meskipun tidak berhubungan dengan jumlah sperma, tapi berkorelasi dengan tingkat lebih tinggi pembuahan.

Kacang Brazil
Kacang Brazil mengandung selenium dan gizi yang tinggi. Menurut studi yang diterbitkan dalam “Journal of Andrologi” pada tahun 2001, kandungan kacang ini sangat penting dalam pengembangan sperma normal dan meningkatkan motilitas sperma.

Fruit Salad
Fruit salad yaitu kombinasi buah segar yang diracik dalam taburan saus yogurt dan keju. Buah yang biasanya selalu ada dalam fruit salad ialah jeruk, stroberi, ceri, masing-masing tinggi kandungan vitamin C antioksidan-nya. Ini sangat efektif untuk mencegah jumlah sperma yang rendah sekaligus mengatasi kerusakan sperma.

Makan fruit salad dapat membantu tubuh Anda menyerap asam folat dan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dapat meningkatkan motilitas, yang pada gilirannya, meningkatkan kemungkinan pembuahan.

Biji-bijian
Semua makanan dari biji-bijian seperti bulir padi, gandum, jagung, mencakup segala jenis padi-padian, dapat meningkatkan kadar kromium, sehingga meningkatkan jumlah sperma Anda.

Dalam tinjauan studi tentang pengaruh kromium yang diterbitkan dalam jurnal “Biological Trace Element Research” menemukan bahwa banyak penelitian menunjukkan tingkat kromium yang rendah berkorelasi dengan penurunan jumlah sperma.

Sayur, Terutama Bayam
Ingat waktu kecil, orang tua kita bersikeras agar kita makan sayuran bayam. Ternyata benar. Sayuran berdaun hijau, di antaranya bayam, mengandung kadar asam folat yang tinggi. Asam folat yang terkandung dalam sayuran sangat baik untuk membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan motilitas sperma.

Selanjutnya, sesuai dengan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Maret 2002 “Fertility and Sterility,” kombinasi seng dan asam folat ternyata juga memiliki efek positif dalam meningkatkan jumlah sperma.

Telur
Makan telur tidak hanya dapat membantu menambah jumlah sperma, tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan. Kualitas antioksidan vitamin E dalam telur dapat membantu melawan efek negatif radikal bebas terhadap sel-sel tubuh kita, termasuk sperma.

Tiram
Banyak orang percaya bahwa tiram memiliki sifat afrodisiak atau meningkatkan libido dan virilitas. Tiram mengandung kadar tinggi seng yang efektif untuk meningkatkan jumlah sperma.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Clinical Medicine Laboratorium” menemukan bahwa empat dari lima orang yang diteliti, jumlah spermanya meningkat setelah mereka meningkatkan asupan seng mereka.

Ikan
Menurut sebuah studi dalam di Amerika Jurnal Epidemiologi, omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu pasangan untuk meningkatkan kualitas sperma. Penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois menemukan bahwa tikus yang mengkonversi asam alpha-linoleat (ALA) ke dalam DHA omega-3 tampak lebih subur. Meskipun demikian, penelitian ini masih dini untuk memberikan rekomendasi seberapa banyak pasangan Anda dapat mengkonsumsi omega-3.

Air
Anda mungkin tidak berpikir air sebagai makanan, tetapi merupakan nutrisi penting dan merupakan faktor penting dalam meningkatkan jumlah sperma.

Hidrasi yang memadai diperlukan untuk menjaga sel-sel tubuh tetap berfungsi secara optimal, termasuk sperma. Oleh karena itu, jaga konsumsi minum air, minimal delapan sampai 10 gelas air setiap hari.
http://carahamil.info

1 komentar:

 
Top